Jurusan Psikologi Terbaik Di Indonesia

-Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia- Jurusan Psikologi adalah program studi yang menarik untuk dipelajari.

Mengapa demikian?

karena psikologi mempelajari tentang segala hal yang berkaitan dengan manusia. Ilmu psikologi akan tetap ada, selama manusia ada. Jika manusia punah, maka disitulah kehancuran Ilmu Psikologi.

Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia, dan gelaja kejiwaannya.

Pengertian ini diambil dari buku psikologi kontemporer masa kini. Jika ada yang mengatakan psikolog adalah ilmu tentang jiwa, tidak salah.

Hanya saja kuang tepat, karena psikologi juga membahas tentang gejala perilaku yang muncul

Berikut adalah 12 Jurusan Psikologi terbaik yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Jurusan Psikologi Terfavorit

1. Jurusan Psikologi UI (Universitas Indonesia)

Jurusan Psikologi terbaik
Pexels.com

Jurusan Psikologi terbaik di Indonesia yang pertama adalah Universitas Indonesia, akrab dengan sebutan UI. Kampus ini menjadi top 10 kampus yang masuk kategori terbaik di ranah peringkat kampus nasional. Kampusnya saja sudah menjadi bagian dari top 10 nasional, mestinya banyak jurusan/prodi yang juga jadi top global Indonesia. Salah satunya adalah Jurusan psikologi.

Jurusan Psikologi UI sudah menjadi Fakultas, dikenal dengan F.Psi atau Fakultas Psikologi UI. Psikologi UI memiliki program KKI (Kelas Khusus Internasional), Program KKI sendiri adalah salah satu program pendidikan unggulan jenjang sarjana (S-1) dengan standar kelas internasional yang dikhususkan untuk mereka yang menginginkan ilmu pendidikan terbaik di Psikologi UI dan juga pada Universitas Mitra yang ada di Luar Negri.

Oiya, Psikologi UI punya 5 program studi, diantaranya adalah program studi sarjana (S-1), program studi pascasarjana (S-2), program studi doktor psikologi, program studi psikologi profesi, dan program studi psikologi terapan.

Program studi Sarjana (S-1) UI, memiliki 3 kelas, yaitu paralel, reguler, dan internasional. Bedanya apa sih, nah untuk perbedaannya langsung saja bisa klik kelas Paralel, Kelas Reguler, dan Kelas Internasional.

Universitas Indonesia adalah Jurusan Psikologi terbaik di jakarta no 1

Kelas Paralel

Sedikit mengenai kelas paralel, syarat mengikuti kelas ini tidak kenal batas usia. Lulus SMA/SMK Sederajat menjadi syarat nomer satu. Kelas paralel akan diuji melalui jalur undangan dan SIMAK UI. Kemampuan yang diujikan tak jauh2 dari pelajaran SMA IPA maupun IPS. Jika anda membutuhkan brosur, silahkan bisa cek di Download Brosur.

Peluang Kerja

Peluang kerja yang didapatkan berupa Asisten psikolog, Staf dan manajer di Departemen Sumber Daya Manusia, Staf konsultan yang mengkhususkan diri di bidang psikologi, Konselor, Akademisi, Fasilitator dalam pengembangan masyarakat, Peneliti, Fasilitator dan motivator dalam pelatihan, Pendidik, Administrator tes psikologis, Pegawai pemerintah (manajerial, posisi non peneliti), Pemasaran, penjualan dan iklan, serta bidang-bidang lainnya yang terkait dengan interaksi manusia

Program studi Magister Sains Psikologi mengerucut pada 5 Bidang Psikologi, yakni Psikologi Imdustri dan Oganisasi, Psikologi pendidikan, Psikologi Sosial, Psikologi Perkembangan, dan psikologi Kepribadian.

Program Studi Profesi Psikologi memiliki masa kuliah 5 semester.

  • Semester 1: Kuliah kemagisteran
  • Semester 2: Persiapan Praktik Kerja Profesi Psikologi
  • Semester 3: Praktik Kerja Profesi Psikologi
  • Semester 4: Praktik Kerja Profesi Psikologi
  • Semester 5: Penyusunan tesis

Publikasi Ilmiah dan dilanjut Ujian Kompetensi Psikolog oleh Himpunan Psikologi Indonesia. Untuk kelas internasional, bisa masuk melalui ujian SIMAK UI juga.

2. Jurusan Psikologi UGM (Universitas Gadjah Mada)

Universitas Gadjah Mada adalah universitas favorit di Yogyakarta. Tak sedikit mahasiswa yang ingin berkuliah di univ ini, begitu pun dengan mahasiswa psikologinya.

Pendaftar tahun ini diketahui lebih banyak dengan pendaftar tahun sebelumnya. Penilaian UGM menjadi universitas dengan jurusan psikologi terbaik ini dikarenakan beberapa faktor pendukung lainnya, yaitu jumlah penelitiannya, kualitas pendidikan dosen pengajarnya, fasilitas kampus, dan kegiatan mahasiswanya, hingga rata-rata angka kelulusan mahasiswa.

Psikologi UGM memiliki 5 program studi unggulan, diantaranya adalah Sarjana Psikologi, International Undergraduate Program (IUP), Magister Psikologi Profesi, Doktor Ilmu Psikologi, dan Magister Psikologi.

Pertanyaan seputar sarjana psikologi ugm tentang biaya kuliah, jadwal kuliah, studi kasus psikologi, penjurusan psikologi, prospek kerja psikologi, dan kompetensi lulusan dapat anda lihat Sarjana Psikologi UGM.

Untuk kurikulum, silahkan bisa anda cek di Kurikulum Sarjana Psikologi UGM.

Untuk lebih tahu tentang IUP silahkan anda bisa cek IUP Psikologi UGM. Masuk Program IUP semua seba inggris ya gais πŸ™‚

Bagi anda yang ingin mendaftar S-2 Psikologi UGM, anda bisa melihat informasi tersebut Psikologi UGM Program S-2.

Akan tercantum pendaftaran, dan proses rekruimen seperti apa. Untuk Magister Psikolog Profesi silahkan cek Magister Psikologi UGM.

Untuk Doktor, atau program S-3 silahkan bisa anda cek Doktor Psikologi UGM. Semangat ya calon psikolog :)Baca Juga: Jurusan Psikologi terfavorit.

3. Psikologi UNAIR (Universitas Airlangga)

UNAIR adalah salah satu kampus terbaik yang ada di Surabaya. Memang tiap kampus memiliki keunikannya yang membuat namanya terangkat ke langit pendidikan.

Salah satu hal yang unik membuat nama UNAIR terangkat adalah fakultas ungunya, apa itu? ya psikologi dong.

Psikologi UNAIR mulai berdiri sendiri sebagai fakultas pada tahun 1993.

Sebelumnya psikologi masih bergabung dengan FISIP UNAIR atau Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga dengan program studi psikologi, jadi dulu berawal dari jurusan gais, ngga tiba tiba resmi jadi fakultas.

Fakultas psikologi juga sudah menerapkan sistem double degree.

sistem yang diterapkan yaitu 2+2 Articulation Program. Hal ini ada kaitannya dengan hubungan kerjasama internasional School of Psychology, Faculty of Health, Queensland University of Technology (QUT) dalam penyelenggaraan kelas internasional Program Artikulasi 2+2 (2+2 articulation program). 2 tahun ditempuh di kampus airlangga, dan 2 tahun berikutnya di kampus luar negeri. menarik bukan? lebih jelas silahkan kunjungi web psikologi.unair.ac.id.

Jadi, you might hear it as Universitas Airlangga or UA or UNAIR. Located in Surabaya with Their Three Campuses. Ada kampus A, kampus B, dan kampus C. Paling enggak dari kampus satu ke kampus yang lain kamu butuh kendaraan.

Kampus A berisi segala hal tentang kedokteran. Kampus B semua bidang tentang sosial-humaniora, dan kampus C yang isinya bidang saintek kecuali satu fakultas. Fakultas farmasi yang sekarang berada di kampus B karena gedungnya sedang dalam pembangunan di kampus C. Semoga segera selesai, saya kasihan dengan mahasiswanya hehe:).

Oiya, Fakultas Ungu ada di Kampus B πŸ™‚

4. Psikologi UNPAD (Universitas Padjajaran)

Jurusan Psikologi terbaik di Indonesia no 5 adalah Psikologi UNPAD. Psikologi Universitas Padjajaran telah terakreditasi A oleh BAN-PT.

Psikologi UNPAD berdiri sejak 2 September 1961. Psikologi UNPAD memiliki 4 program studi unggulan, diantaranya adalah Psikologi S-1, Psikologi Magister Profesi S-2, Psikologi S-2 dan S-3 (Pascasarjana).

Program Studi Sarjana Psikologi S-1 UNPAD

Psikologi S-1 Universitas Padjajaran sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Mahasiswa psikologi UNPAD akan mendapatkan matakuliah sebanyak 145 SKS.

Mahasiswa psikologi UNPAD akan dibekali dengan teori dan konsep dasar psikologi seperti kepribadian, psikologi umum, psikologi perkembangan, dan psikologi sosial.

Keunggulan psikologi UNPAD terletak pada asesmen dan intervensi psikologis yang dapat ditemukan pada matakuliah psikodiagnostika yang lebih diarahkan pada penguasaan metode observasi, interview, penggunaan tes serta praktikumnya.

Keunggulan Program Studi Sarjana Psikologi UNPAD

  • Menggunakan pendekatan Biopsikososial sehingga memiliki pemahaman yang komprehensif terhadap fenomena psikologis yang ada di masyarakat
  • Laboratorium Psikologi yang lengkap untuk melakukan Praktikum (One way mirror, alat tes psikologi, dan alat EEG untuk menunjang mata kuliah Neuropsikologi, Biopsikologi, serta Penelitian) dan Laboratorium Komputer.
  • Berbagai Pusat Studi (Keluarga, Pengoptimalan Pembelajaran, Kesehatan dan Kesejahteraan, Psikometri, Asesmen dan Evaluasi, Pemberdayaan Individu dan Organisasi, Korupsi)

Prospek Kerja Lulusan Sarjana Psikologi UNPAD

  • Asisten Psikolog
  • Asisten peneliti
  • Administrator Tes psikologi (Tester, Interviewer, Observer)
  • Asesor
  • Staf atau Manager di bidang Human Resource (Human Capital)
  • Staf Konsultan di Bidang Psikologi
  • Pengajar
  • Fasilitator pengembangan komunitas
  • Fasilitator dan motivator dalam program platihan
  • Usaha Mandiri

Program Studi Magister Profesi Psikologi (S-2) UNPAD

Program studi magister profesi psikologi UNPAD sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Waktu masa studi yang harus ditempuh 5 s/d 8 semester. Magister profesi psikologi UNPAD memiliki keunggulan dalam asesmen dan intervensi psikologi baik bagi individu, kelompok, komunitas, ataupun organisasi. Ada kurang lebih 6 pilihan peminatan dan 49 sks yang harus ditempuh selama kuliah disini.

Peminatan Magister Profesi Psikologi UNPAD

  1. Psikologi Klinis Dewasa
  2. Psikologi Klinis Anak/Perkembangan
  3. Psikologi Industri dan Organisasi
  4. Psikologi Sosial
  5. Psikologi Pendidikan
  6. Psikologi Kerekayasaan

Bobot Materi Kuliah

  • Kemagisteran ( 10 SKS)
  • Keprofesian Psikologi + (Majoring/Peminatan Psikologi) (13 + 10 SKS)
  • Minoring (4 SKS)
  • Praktek Kerja Psikologi Profesi (4 SKS/+ 700 jam)
  • Tesis (SUR/Seminar Usulan Riset- 2 SKS + Tesis 6 SKS)
  • Total (49 SKS)

Prospek Kerja Lulusan Magister Profesi Psikologi UNPAD

  • Psikolog di Rumah Sakit, Biro, perusahaan/industri, sekolah, organisasi profit maupun non profit
  • Human Resource/Human CapitalOrganizational Development di berbagai perusahaan/industri
  • Konsultan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Manajemen, Pengembangan Organisasi
  • Dosen
  • Peneliti
  • Pengembang alat ukur/Psikometri
  • Fasilitator/Trainer
  • Assesor
  • Disainer & Konsultan Assessment Center

Program Studi Pascasarjana Psikologi S-2 & S-3 UNPAD

Program studi pascasarjana psikologi UNPAD terdiri dari 1) Program Studi Psikologi S-2 (lanjutan sarjana psikologi S-1) yang dulunya kerap disebut program studi magister psikologi (sain) terakreditasi B, dan (2) Program studi Psikologi S-3 yang dulunya kerap disebut program studi doktor psikologi yang bersifat Doctor by Research.

Peminatan Pascasarjana S-2 Psikologi UNPAD

  1. Psikologi Korporasi (sebelumnya Psikologi SDM)
  2. Psikologi Sosial
  3. Psikologi Perkembangan
  4. Psikologi Kesehatan
  5. Psikometri

Kurikulum Program studi Psikologi – S2 bersifat multientry, menerima mahasiswa dari berbagai Prodi Sarjana/S1 (multidisiplin ilmu), sedangkan Program studi Psikologi – S3 bersifat mono-disiplin, hanya menerima mahasiswa dengan latar belakang pendidikan S1 Psikologi.

Materi Kuliah Pascasarjana S-2 Psikologi UNPAD

  1. Psikologi Umum dan Fungsi – Fungsi Psikologi
  2. Psikologi Perkembangan/Rentang Hidup
  3. Psikologi Kepribadian
  4. Psikologi Sosial
  5. Psikologi Kognitif
  6. Biopsikologi
  7. Filsafat Ilmu
  8. Metodologi Penelitian Kuantitatif
  9. Metodologi Penelitian Kaulitatif
  10. Statistik
  11. Pengembangan Alat Ukur Psikologi
  12. Majoring 1-5
  13. Seminar Usulan Riset ( SUR)
  14. Penulisan Tesis/SUR
  15. Pembuatan tesis
  16. Ujian tesis

Profil Lulusan Pascasarjana S-2 Psikologi UNPAD

  1. Peneliti/Asisten Peneliti
  2. Calon Mahasiswa Doktor Psikologi
  3. Konsultan
  4. Komunikator
  5. Penyuluh/Penggiat Kemasyarakatan
  6. Fasilitator
  7. Guru Sekolah
  8. Dosen
  9. Staff/Manajer HRD
  10. Tenaga Profesional dengan latar belakang Psikologi
  11. Tenaga Ahli

Materi Kuliah Pascasarjana S-3 psikologi UNPAD

  1. Filosofi Pendidikan Program Studi Doctor by Research
  2. Etika Penelitian
  3. Critical thinking dalam penyusunan disertasi
  4. Penulisan academic writing / artikel ilmiah untuk publikasi (systematic review)
  5. Strategi penyelesaian studi tepat waktu
  6. Filsafat Ilmu (2 SKS)
  7. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif (@ 2 SKS)
  8. Teknik Analisa Data – Statistik (2 SKS)
  9. Pengembangan Alat Ukur Psikologi – PAUP ( 2 SKS)

Keunggulan Pascasarjana S-3 Psikologi UNPAD

  1. Berorientasi pada pendekatan biopsikososial, eksperimental, kuantitatif- kualitatif dan modeling untuk pengembangan ilmu pengetahuan.
  2. Sifat Program Studi adalah  Doctor by Research yang menitikberatkan pada kegiatan riset yang menghasilkan banyak luaran artikel ilmiah yang terpublikasi di tingkat nasional maupun internasional. β€œKurikulum” menyeimbangkan antara pengembangan teori dan aplikasi/praktik di lapangan.
  3. Diampu oleh Dosen senior yang memiliki pengalaman riset dan  praktik Psikologi  di lapangan yang ekstensif.

Profil Lulusan Pascasarjana S-3 Psikologi UNPAD

  1. Peneliti
  2. Dosen
  3. Konsultan
  4. Fasilitator
  5. Tenaga Profesional dengan latar belakang Psikologi
  6. Tenaga Ahli

5. Jurusan Psikologi UNY (Universitas Negeri Yogyakarta)

Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta menjadi jurusan psikologi terbaik yang ke-5 di Indonesia. Meski Jurusan psikologi uny masih tergolong bayi dikalangan jurusan terbaik di Indonesia, psikologi uny mampu berlari jauh untuk mengejar ketertinggalan dari jurusan psikologi di universitas lain. Saat ini Jurusan psikologi uny terakreditasi B oleh BAN-PT. Namun jangan salah, psikologi UNY menjadi top peminatan tertinggi di UNY.

Psikologi UNY memiliki 2 Program Studi, yaitu Sarjana Psikologi S-1 dan Pascasarjana Psikologi S-2.

Sejarah Singkat Berdirinya Psikologi UNY

Jurusan psikologi UNY berdiri pada tahun 2015, hal ini tercantum dalam keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 37/M/KP/III/2015 berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) UNY.

Sebagai jurusan baru, tentunya jurusan harus banyak belajar dari berbagai universitas yang memiliki jurusan atau Fakultas Psikologi serta trends di dunia Psikologi serta kebutuhan masyarakat, khususnya terkait kurikulum. Nah, untuk lengkapnya bisa dilihat secara lengkap di Sejarah berdirinya psikologi uny.

Gambaran Kurikulum Psikologi UNY

Psikologi UNY memiliki target 7 semester mahasiswa sudah dipastikan lulus ujian skripsi dan mendapat gelar. Total SKS yang ditempuh berjumlah 146 SKS. Dari 146 SKS ada sekitar 13 matakuliah umum yang sudah ditentukan dari Fakultas Ilmu Pendidikan UNY. Untuk melihat dengan jelas seperti apa gambaranya, silahkan bisa dilihat pada Kurikulum Psikologi UNY.

Profil Lulusan Psikologi UNY

Karena Psikologi UNY adalah prodi yang masih segar dilangit Ikatan psikologi indonesia, maka tak heran jika prospek kerja lulusan psikologi UNY masih sedikit. Untuk prospeknya bisa menjadi asisten psikolog atau staff konsultan psikologi, staff atau manager di bidang Manajemen sumber daya manusia, mampu mengajar anak usia dini, asisten peneliti, dan membuka usaha sendiri.

Psikologi UNY juga salah satu Jurusan Psikologi Terbaik di Indonesia. untuk selengkapnya langsung saja bisa dilihat di Prospek Lulusan Psikologi UNY.

6. Jurusan Psikologi UMBY (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)

Universitas Mercu Buana terletak di Yogyakarta. Universitas ini memiliki 3 kampus yang tersebar di wilayah Yogyakarta.

Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMB Yogya) yang dahulu berdiri dengan nama IPW (Institut Pertanian Wangsa Manggala) pada tahun 1984, yang kemudian berubah nama menjadi Universitas Wangsa Manggala (UNWAMA) di tahun 1986 dan berubah nama menjadi Universitas Mercu Buana Yogyakarta pada tahun 2008.

Sejarah Berdirinya Fakultas Psikologi UMBY

Fakultas Psikologi UMB Yogya berdiri sejak tahun 1993, hingga tahun 2010 telah meluluskan 1.459 Sarjana Psikologi yang bekerja diberbagai bidang diseluruh Indonesia. Sejak tahun 2000 hingga saat ini, fakultas Psikologi telah tiga kali berturut-turut mendapatkan status Akreditasi A dari BAN PT.

Fasilitas

Jurusan Psikologi Terbaik
Pexels.com

Fakultas psikologi UMBY memiliki beberapa fasilitas sarana prasarana keberlangsungan kuliah, diantaranya adalah: Laboratorium Psikodiagnostika, Alat Tes Psikodiagnostik yang baru (up to date), Penyaluran praktek kerja psikologi profesi, Ruang kuliah dengan fasilitas AC dan multimedia, Biro Layanan Psikologi, Ruang Konseling, Kemudahan Program Pendidikan

Program Studi

Fakultas psikologi Universitas Mercu Buana yogyakarta memiliki 2 program studi. Sarjana psikologi (S-1), dan Pascasarjana (S-2) yang etrdiri dari Magister Sains dan Magister profesi.

Psikologi S-1

Kurikulum psikologi terbaru dapat anda download di Kurikulum 2017.

Psikologi S-2 Magister Psikologi Sains

Program Magister Psikologi dengan lulusan bergelar M.Si sudah terakreditasi. program studi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan menguasai berbagai pendekatan.

Metode landasan ilmiah disertai keterampilan penerapannya dan mampu memecahkan permasalahan dibidang psikologi dan memiliki kemampuan mengembangkan kinerja profesionalnya. Konsentrasi program studi ini pada Psikologi Industri dan Organisasi, dan Psikologi Pendidikan.

Psikologi S-2 Magister Psikologi Profesi

Program Magister Psikologi Profesi dengan lulusan bergelar Magister Psikologi Profesi (M.Psi) dan mendapatkan sebutan psikolog mengarahkan peserta didiknya pada kesiapan penerapan keahlian psikologi, dengan konsentrasi bidang Psikologi Industri  dan Organisasi, Psikologi Pendidikan, dan Psikologi Klinis.

info selengkapnya bisa klik http://fpsi.mercubuana-yogya.ac.id/

7. Jurusan Psikologi USD (Universitas Sanata Dharma)

Psikologi Sanata Dharma- Berdiri sejak tahun 1996 berdasarkan surat keputusan Direktur Jenderal  Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 162/DIKTI/Kep/1996 tanggal 4 Juni 1996.

Lahirnya fakultas ini dilandasi atas tugas yang diberikan kepada 5 dosen ahli prodi Bimbingan dan Konseling. Resmi pada tahun 2010 sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Psikologi Sanata Dharma hanya memiliki program studi bagi sarjana (S-1).

Sejarah Berdirinya Psikologi Sanata Dharma

Saat itu Rektor Universitas Sanata Dharma memberikan tugas kepada 5 Dosen dari Program Studi Bimbingan dan Konseling.

Para dosen tersebut berlatar belakang pendidikan psikologi. Saat pertama dibuka, fakultas ini hanya memiliki 8 dosen psikologi dengan jumlah mahasiswa 128 orang.

Fakultas ini sempat dipindah sebanyak 3x, dan saat ini hingga kedepan sudah memiliki lokasi tetap yaitu di bangunan Unit I, kampus Paingan.

Selengkapnya anda bisa membaca di Sejarah Berdirinya Fakultas Psikologi Sanata Dharma.

Prospek Kerja Alumnus Psikologi Sanata Dharma

Jurusan Psikologi terbaik
Pexels.com

Prospek lulusan alumni psikologi sanata dharma sebagai berikut:

  1. Biro Personalia perusahaan swasta / pemerintah
  2. Lembaga Psikologi di berbagai institusi
  3. Lembaga Pendidikan dan Pelatihan
  4. Rumah Sakit / Pusat Konsultasi Psikologi / Rehabilitasi
  5. Lembaga Pendidikan Umum / Menengah / Tinggi

Psikologi Sanata Dharma juga termasuk salah satu Jurusan Psikologi Terbaik yang ada di Indonesia.

8. Jurusan Psikologi UMM (Universitas Muhammadiyah Malang

Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang memiliki kurikulum fakultas yang tidak hanya mendesain agar mahasiswa sekedar menguasai teori, namun juga bagaimana cara pengaplikasian di masyarakat.

Berbagai fasilitas laboratorium seperti Lab. Konseling, Lab. Eksperimen, Lab. Psikodiagnostik, Lab. Wawancara dan Observasi, dan Lab kepentingan riset yang tersedia dengan sarana dan prasarana yang lengkap.

Fasilitas lain yang dapat dinikmati para mahasiswa untuk mengembangkan diri dan meng-upgrade kapasitas pengetahuan diri agar dapat memberikan pelayanan dan melakukan pengabdian Masyarakat.

Fasilitas tersebut seperti Biro Konseling, Pusat Layanan Psikologi, dan Pusat Konseling Trauma,

Selain Fasilitas-Fasilitas yang disebutkan diatas, Psikologi UMM juga tak kalah religius karena bekal keagamaan yang terjamin dari Universitasnya.

Nilai-nilai agama dan wawasan keagamaan senantiasa ditanamkan melalui mata-mata kuliah yang berorientasi pada akidah, akhlak dan juga mata kuliah yang memadukan konsep agama dan psikologi itu sendiri.

Sejarah Berdirinya Fakultas Psikologi UMM

Berawal dari peresmian prodi jurusan Psikologi UMM yang diresmikan pada tahun 1985 di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang. Setahun kemudian prodi ini langsung diresmikan menjadi Fakultas dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan SK nomor 0502/0/1986 tertanggal 28 Juli 1986.

Silahkan kunjungi website Ini untuk melihat seberapa jauh Fakultas Psikologi UMM.

Peminatan Fakultas Psikologi UMM

Berdasarkan ketentuan kurikulum nasional, maka sejak 1993 Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang menyelenggarakan Program Studi Psikologi dengan peminatan :

  • Psikologi Industri dan Organisasi
  • Psikologi Pendidikan
  • Psikologi Perkembangan
  • Psikologi Sosial
  • Psikologi Klinis
  • Psikodiagnostik.

Fasilitas-Fasilitas yang ada di Fakultas Psikologi UMM

Berbagai fasilitas laboratorium seperti Lab. Konseling, Lab. Eksperimen, Lab. Psikodiagnostik, Lab. Wawancara dan Observasi, dan Lab kepentingan riset yang tersedia dengan sarana dan prasarana yang lengkap.

Fasilitas lain yang dapat dinikmati para mahasiswa untuk mengembangkan diri dan meng-upgrade kapasitas pengetahuan diri agar dapat memberikan pelayanan dan melakukan pengabdian Masyarakat. Fasilitas tersebut seperti Biro Konseling, Pusat Layanan Psikologi, dan Pusat Konseling Trauma.

Selengkapnya anda bisa mengunjungi : Psikologi UMM

9. Psikologi UII (Universitas Islam Indonesia)

Program Studi Psikologi UII berdiri sejak tahun 1995 dan telah mendapat Akreditasi A dari BAN-PT. Prodi Psikologi UII memiliki visi yang kuat terhadap pengembangan keilmuan (pembelajaran, penelitian, pengabdian masyarakat, dan dakwah islamiyah) dan berkomitmen terhadap nilai-nilai keislaman, terutama dalam pengembangan Psikologi Islami sebagai salah satu fokus keunggulan.

Prodi Psikologi mengusung keunggulan Psikologi Islam ini melalui kegiatan pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dan terus memperkuat relevansi kurikulum dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat.

Proses pembelajaran menggunakan metode Student Centered Learning & e-Learning, yang dapat meningkatkan kompetensi lulusan seperti kemandirian, kreativitas, analisis.

Selain itu, Prodi Psikologi UII memiliki keunggulan program Personal Development Planning System (PDPS) untuk pengembangan diri mahasiswa secara sitematik yang dimulai dari asesmen potensi dan kebutuhan, sampai dengan pemberian konseling/coaching pengembangan diri.

Prospek Karier Psikologi UII

Lulusan Prodi Psikologi UII memiliki peluang untuk mengembangkan karier profesional di berbagai profesi di bidang psikologi seperti :

  • Psikolog
  • Penguji Psikotes
  • Manajer/staf sumber daya manusia (SDM)
  • Konsultan SDM
  • Konselor Pendidikan
  • Menjadi Akademisi seperti: Dosen, Guru, Peneliti, atau profesi lainnya.

Program Magister Psikologi UII

Pada awal didirikannya Program Profesi Psikologi jenjang Magister di Fakultas Psikologi ( sekarang menjadi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya) yaitu pada Tahun Ajaran 2005/2006, Bidang konsentrasi yang menjadi fokusnya ada 2 yaitu Bidang Psikologi Industri dan Bidang Psikologi Pendidikan. Akan tetapi sejak Tahun Ajaran 2006/2007 Pendidikan Profesi Psikologi Jenjang Magister Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya UII hingga saat ini menitikberatkan konsentrasi pendidiknnya pada tiga bidang yaitu:

  • Bidang Konsentrasi Psikologi Industri
  • Bidang Konsentrasi Psikologi Klinis
  • Bidang Konsentrasi Psikologi Pendidikan

Selebihnya anda bisa mengunjungi : Psikologi UII dan Magister Psikologi UII

10. Psikologi UIN-Suka (Universitas Islam Negeri Sunan Kali Jaga)

Psikologi Universitas Sunan Kalijaga menjadi salah satu Jurusan Psikologi Terbaik yang ada di Indonesia.

Psikologi Uin ini memiliki berbagai fasilitas kampus demi menunjang berjalannya agenda perkuliahan.

Fasilitas tersebut diantaranya adalah:

Laboratorium Psikologi Klinis, Laboratorium Pendidikan dan Perkembangan, Laboratorium Psikologi Sosial, dan Laboratorium Psikologi Industri dan Organisasi.

Visi dan Misi Psikologi UIN Suka

Menjadi lembaga pendidikan yang unggul dalam pengembangan keilmuan Psikologi yang integratif-interkonektif untuk membentuk pribadi rahmatan lil alamin

Dengan Misi :

  1. Memadukan dan mengembangkan studi keIslaman dan keilmuan Psikologi dalam pendidikan, dan pengajaran
  2. Menyelenggarakan pendidikan Psikologi yang berbasis pada pendekatan integrasi-interkoneksi
  3. Menghasilkan penelitian yang berbasis pada Psikologi integratif
  4. Mendorong terwujudnya lingkungan program studi Psikologi yang humanis dan berkarakter
  5. Menjalin kerjasama dengan program studi Psikologi di lingkungan PTAI dan PTU yang memiliki visi dan misi yang sama
  6. Menjalin kerjasama dengan penyelenggaran pendidikan Psikologi dan organisasi Psikologi lainnya baik dalam skala regional, nasional maupun internasional.

Profil Lulusan Psikologi UIN Suka

  • Praktisi Program pelatihan Psikologi
  • Konselor Psikologi
  • Peneliti Psikologi
  • Staff di Bidang Sumber Daya Manusia
  • Asisten Psikolog
  • Praktisi Pengembangan Komunitas
  • Pengelola Pendidikan Anak Usia Dini
  • Pelaku Usaha Mandiri

Selengkapnya anda bisa melihat di: Psikologi UIN Suka

11. Jurusan Psikologi Universitas Gunadarma

Pengaruh globalisasi telah memasuki berbagai aspek kehidupan masyarakat, serta perkembangan perekonomian yang pesat, khususnya di sektor pembangunan sumber daya manusia, sehingga ditinjau dari aspek Psikologi, tentunya sangat membutuhkan kajian yang intensif

Guna merealisasi pelaksanaan tanggung jawab pendidikan tinggi dalam menyiapkan tenaga terdidik yang dapat menunjang program Pemerintah dalam Pembangunan Nasional untuk masa yang akan datang,

Universitas Gunadarma berusaha untuk menghadirkan sumber daya manusia di tingkat Sarjana yang profesional, dan handal di lingkungan global dewasa ini, khususnya di bidang psikologi.

Komitmen ini juga merupakan peran aktif dari pihak swasta di bidang pendidikan dalam usahanya meningkatkan mutu dan daya saing dari sumber daya manusia Indonesia menghadapi era globalisasi saat ini, yakni nilai dan keunggulan merupakan faktor penentu bagi masing-masing pelaku ekonomi pada umumnya dan sektor sumber daya manusia dari aspek Psikologi pada khususnya

Visi dan Misi

Visi Program Studi Psikologi diselaraskan dengan Visi Universitas Gunadarma yakni: Pada tahun 2022 menjadi Program Studi Sarjana Psikologi bereputasi internasional dengan keunggulan memadukan ilmu dan terapan psikologi berbasis teknologi informasi dalam kegiatan tridharma perguruan tinggi yang holistik dan integratif guna meningkatkan daya saing bangsa.

Untuk mewujudkan Visi tersebut diperlukan Misi berupa:

  • Untuk dapat mewujudkan visi Program Studi Psikologi, diperlukan misi yang mendukung, misi Program Studi Psikologi adalah:
  • Menyelenggarakan program pendidikan dan pelatihan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan daya saing tinggi dalam penerapan psikologi berbasis teknologi informasi di berbagai aspek kehidupan sesuai dengan perkembangan jaman dan tuntutan global
  • Menciptakan suasana akademik yang kondusif dan mendukung kegiatan penelitian yang bertaraf internasional, interdisipliner, dan bermanfaat bagi kesejahteraan manusia.
  • Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud tanggungjawab sosial institusi (university social responsibility);
  • Menyelenggarakan dan mengembangkan jejaring kerjasama dengan berbagai institusi, baik di dalam maupun di luar negeri sebagai usaha untuk meningkatkan kapasitas institusi dan mencapai reputasi internasional.

Fasilitas

  • Laboratorium Psikologi Dasar
  • Laboratorium Psikologi Menengah
  • Laboratorium Psikologi Lanjut
  • Perpustakaan
  • Sarana Ekstrakulikuler

Program Studi

  • Psikologi Umum
  • Psikologi Anak
  • Psikologi Keluarga
  • Psikologi Industri dan Organisasi
  • Psikologi Timur
  • Psikologi Pendidikan

Selengkapnya ada di: psikologigunadarma

12. Psikologi UP-YAI (Universitas Persada YAI)

Jumlah mahasiswa untuk ketiga LPT Y.A.I sampai saat ini telah mencapai kurang lebih 20.000 orang.

Dimulai dengan menyewa fasilitas pendidikan, namun pada saat ini telah mempunyai 4 buah kampus yang dilengkapi dengan peralatan pendidikan modern.

Sungguh pun demikian, Y.A.I tidak melupakan cikal bakalnya, bahkan tetap mengembangkan kursus-kursus Y.A.I, yang setiap tahunnya mempunyai murid lebih kurang 1.000 siswa, yang tersebar di cabang-cabang kursus di kelima wilayah DKI Jakarta.

Program-program studi di lingkungan LPT Y.A.I ternyata mendapat sambutan yang sangat positif dari dunia bisnis, industri, pemerintah dan masyarakat.

Hal ini terbukti dengan tersebarnya alumni LPT Y.A.I di berbagai sektor kegiatan bisnis dan makin meningkatnya jumlah mahasiswa baru yang mempercayakan masa depannya melalui pendidikan formal di lingkungan LPT Y.A.I.

Demi kesinambungan jenjang pendidikan, Y.A.I telah membuka program pasca sarjana strata 2 dan strata 3 dengan program-program studi Magister Manajemen, Akuntansi dan Psikologi dan program Doktor Ekonomi dan Psikologi.

Program pasca sarjana tersebut untuk mewadahi keinginan masyarakat dan alumni demi mencapai jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Kepercayaan pemerintah terhadap LPT Y.A.I diwujudkan dengan memberikan status Terakreditasi A dan B kepada seluruh program studi di LPT Y.A.I.

Di dalam melaksanakan pendidikannya, LPT Y.A.I memiliki pandangan jauh ke depan untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa.

UP YAI juga termasuk salah satu Jurusan Psikologi Terbaik yang ada di Indonesia

Visi dan Misi

Visi UPI Y.A.I adalah menuju Universitas unggulan yang berkualitas dan berdaya saing di tingkat nasional dan diperhitungkan di tingkat internasional pada tahun 2018, yang dapat melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, mampu menghasilkan alumni-alumni bermutu dan berkompetensi tinggi, berwawasan global, memiliki orientasi kewirausahaan (entrepreneurship) dan berkemampuan optimal dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, sehingga dapat memberikan sumbangan nyata bagi kepentingan maupun kemajuan bangsa dan negara.

Misi

Menyelenggarakan Program Pendidikan Tinggi melalui fakultas-fakultas dan program studi yang dimiliki dalam bentuk:

  1. Dalam bidang Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran, melakukan kegiatan transfer ilmu pengetahuan dan teknologi kepada mahasiswa dalam rangka membentuk Sumber Daya Manusia berkualitas, profesional dan berwawasan global.
  2. Dalam bidang penelitian, melakukan kegiatan pengkajian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian-penelitian ilmiah.
  3. Dalam bidang pengabdian kepada masyarakat, melakukan kegiatan nyata dan langsung yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat, bangsa dan negara.

Program Studi

  1. Psikologi S-1
  2. Psikologi S-2 (Magister)
  3. Psikologi S-2 (Profesi)
  4. Psikologi S-3 (Doktor)

Psikologi S-1

Lulusan menghasilkan sarjana psikologi dengan gelar Sarjana Psikologi (S.Psi) yang mampu memahami pengetahuan dasar psikologi dan teknik pengamatan secara objektif sehingga dapat mengintepretasikan prilaku manusia sesuai kaidah psikologi, mengenal dan memahami fungsi beserta manfaat berbagai macam pengukuran psikologi, mampu menunjukkan kepekaan terhadap nilai dan permasalahan bio-psiko-sosial dan moral dalam konteks Indonesia, mampu melaksanakan penilitian psikologi, dan mampu menghayati dan melaksanakan kode etik keilmuan, penelitian dan profesi.

Psikologi S-2 (Magister)

Menghasilkan psikologi professional yang mampu : (1) menguasai psikodiagnostika dan psikoterapi; (2) melakukan pemeriksaan psikologi konseling dan terapi; (3) melakukan penelitian terapan sebagai seorang psikolog sesuai dengan kode etik profesi psikologi.

Psikologi S-2 (Profesi)

Lulusan Pendidikan Magister Psikologi Profesi dapat bekerja sebagai : psikolog, konsultan, peneliti, pendidik, manajer (planer, designer, organizer, evaluator, mediator), dan pelaku usaha mandiri (biro jasa psikologi).

Psikologi S-3

Memiliki kompetensi keilmuan yaitu menguasai teori, model, pendekatan dan riset dalam bidang psikologi, analisis secara komparatif dan aplikasinya dalam konteks pemberdayaan sumber daya manusia.

Memiliki kompetensi  peneliti yaitu menguasai metodologi penelitian, model model rancangan penelitian, aplikasi metodologi dan model secara terintegrasi yang sesuai dengan kaidah masyarakat ilmiah sehingga mampu menguji keabsahan teori dan pengembangan ilmu yang melahirkan karya inovatif, original dan teruji.

Memiliki kompetensi pendidik yaitu penguasaan metodologi dan model-model pembelajaran yang berbasis teknologi informasi sehingga mampu mengoptimalkan proses pembelajaran


Memiliki kompetensi konsultan yaitu penguasaan dan aplikasi model-model pengembangan sumber daya manusia yang berbasis psikologi.

Memiliki kompetensi personal yaitu kemampuan pengembangan diri dalam upaya pembentukan integritas intelektual.

Penutup

Diatas adalah sedikit ulasan mengenai jurusan psikologi terbaik yang ada di indonesia.

Jika anda adalah mahasiswa baru, semoga artikel yang saya buat diatas bermandaat untuk anda.

Terimakasih sudah menjadi pembaca setia sobat psikologmudha!

Baca Juga: Jurusan Psikologi Terfavorit

16 pemikiran pada “Jurusan Psikologi Terbaik Di Indonesia”

  1. Ping-balik: rknvbbmn
  2. Ping-balik: wat kost 1 viagra pil
  3. Ping-balik: viagra
  4. Ping-balik: viagra venta
  5. Ping-balik: this essay help me
  6. Ping-balik: zithromax europe

Tinggalkan komentar

iandan sax mobiporno.info xxxy movies xnxx doremon porndu.net xnxx in youtube sliping xnxx liebelib.net aunty hot boobs pic nangi choot freeindianporn.info rape sex video indian sonakshi hd sexy photo desixxxtube.info punjabi sex video clip mms xxnx onlyindianpornx.info pankhida song download sexy boudi com onlyindian.org husband and wife porn film video sex kings-porno.com sexy video bf www.ixxx..com rajwap2.me chuda chudi chuda chudi xnxx.com indian videos hindiporn2.com marathi xxx xxxx hindi hd video xxxindianporn.org xvideos schoolgirl indiansexvideos onlyindianpornx.com sexy hot video picture www.jkgad goindian.net xxxxx hd hindi sex wap95 dirtyindianporn.info indian telugu sex videos xnxx old lady indiansexmms.me bf film video com