14 Jurusan Psikologi Terfavorit Di Indonesia

Jurusan Psikologi adalah salah satu jurusan tergengsi yang diminati oleh lulusan para murid sekolah menengah atas yang ada di Indonesia. Mengapa demikian? karena Jurusan Psikologi memiliki lapangan pekerjaan yang sangat luas. Disamping itu ilmu Psikologi juga mempelajari suatu hal yang menarik. Yakni tentang Jiwa dan Perilaku manusia. Tapi ada juga berbagai macam isu yang mengatakan bahwa kuliah di psikologi pasti akan bisa membaca pikiran orang. Pernyataan itu ada benarnya dan ada salahnya. Kalian akan mengetahui setelah mempelajari ilmunya. Oleh karena itu, Yuk! Tunggu apalagi, segera kepoin jurusan psikologi dibawah ini!

Banyak sekali Universitas yang memiliki jurusan Psikologi. Beberapa universitas memiliki status terbaik dan terfavorit namun ada juga universitas yang jurusan psikologinya tidak terlalu difavoritkan. Berikut adalah kurang lebih 14 Universitas dengan Jurusan Psikologi terfavorit yang ada di Indonesia.

Baca Juga: jurusan Psi terbaik

14 Jurusan Psikologi Terfavorit Di Indonesia

1. UI (Universitas Indonesia)

Jurusan Psikologi

Jurusan terfavorit no 1 adalah Psikologi UI. Di Jurusan Psikologi UI, Sarjana dapat ditempuh 4 Tahun. Program studi ini terdiri dari 2 kelas, yakni reguler dan paralel. Jalur masuk untuk kelas regular adalah melalui SNMPTN, SBMPTN, dan SIMAK-UI. Sedangkan untuk kelas paralel melalui SIMAK-UI dan PPKB. Untuk biaya pendidikan maksimal sekitar 11 Juta Rupiah dan biaya pendidikan paling minimum adalah 0 Rupiah.

UI juga termasuk kampus terfavorit yang ada di Indonesia, makanya jurusan psikologi UI masuk dalam kategori jurusan terfavorit yang ada di Indonesia. Selengkapnya silahkan cek web ini.

Baca Juga: Jurusan Psi Terbaik

2. UGM (Universitas Gadjah Mada)

Jurusan Psikologi

Psikologi UGM menjadi jurusan terfavorit nomor 2 di Yogyakarta. Karena umur kampus yang sudah tua, jurusan psikologi UGM sudah meluluskan banyak sarjana bahkan Magister. Fasilitas yang ada juga sangat memadai. Jika dibandingkan dengan Univ yang ada di Yogyakarta, Psikologi UGM menjadi Jurusan yang memiliki alat tes yang nggak kalah lengkap dengan universitas lain.

Output daripada sarjana S1 Psikologi UGM adalah sebagai berikut

  1. Memahami pengetahuan dasar tentang psikologi.
  2. Menguasai teknik pengamatan dalam observasi.
  3. Mampu menggunakan alat tes/pengukuran psikologi.
  4. Peka terhadap permasalahan biopsikososial dalam konteks Nasional.
  5. Dapat melakukan Penelitian.
  6. Memahami kode etik keilmuan & penelitian.

Baca Juga: Jurusan Psi terbaik

3. UNAIR (Universitas Airlangga)

Jurusan Psikologi

Jurusan terfavorit no 3 yaitu UNAIR. UNAIR terletak di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Kampus ini menjadi salah satu kampus terfavorit di Indonesia setelah UGM dan UI. Universitas ini memiliki mahasiswa yang amat banyak. Fakultas Psikologi menjadi salah satu Fakultas terbaik yang ada di kampus UNAIR. Fakultas paling “ungu” ini memberikan banyak kontribusi berupa prestasi mahasiswa yang luar biasa.

Fakultas psikologi juga sudah menerapkan sistem double degree.

sistem yang diterapkan bernama 2+2 Articulation Program. Hal ini ada kaitannya dengan hubungan kerjasama internasional School of Psychology, Faculty of Health, Queensland University of Technology (QUT) dalam penyelenggaraan kelas internasional Program Artikulasi 2+2 (2+2 articulation program). 2 tahun ditempuh di kampus airlangga, dan 2 tahun berikutnya di kampus luar negeri. menarik bukan? yuk kepoin webnya di psikologi.unair.ac.id.

Baca Juga: Jurusan Psi terbaik

4. UNPAD (Universitas Padjajaran)

Jurusan Psikologi

Jurusan terfavorit no 4 yaitu Psikologi UNPAD yang akrab dengan Fapsi UNPAD menjadi teladan dalam bidang Psikologi Eksperimen. Fapsi UNPAD sangat terkenal dengan laboratoriumnya. Psikologi UNPAD sendiri berbasis IPA, berbeda dengan Universitas lain yang kebanyakan berbasis IPS atau IPC. Oleh karena itu Fapsi UNPAD terkenal dalam bidang Psikologi Klinisnya.

Fapsi UNPAD terdiri dari 2 program, yakni program sarjana dan pascasarjana. Di Fapsi Unpad kamu akan belajar tentang Biopsikologi, Psi Kepribadian, Psi Eksperimen, Psi Perkembangan, Psi Pendidikan, Psi Kesehatan, Psi Industri & Organisasi, Psi Sosial, Psi Abnormal, Psikodiagnotika (Observasi & Interview), Statistika, dan masih banyak lagi mata kuliah yang sangat menarik untuk dipelajari.

Baca Juga: Jurusan Psi terbaik

5. UNY (Universitas Negeri Yogyakarta)

Jurusan Psikologi

Jurusan terfavorit no 5 yaitu Psikologi UNY. Psikologi UNY adalah jurusan psikologi yang berada di bawah Fakultas Ilmu Pendidikan. Fokus dari jurusan psikologi UNY pada 5 bidang. Diantaranya adalah Psi Klinis, Psi Pendidikan, Psi Industri & Organisasi, Psi Sosial, dan Psi Perkembangan. Jurusan Psikologi UNY berdiri pada tahun 2015, jadi jurusan ini tergolong jurusan baru yang ada di UNY. Wajar saja jika fokus penjurusannya masih sedikit. Namun animo peminatnya ngga kalah jauh dari jurusan psikologi tetangga, alias UGM.

Di UNY pun jurusan psikologi menjadi jurusan terfavorit No 3 dari jurusan-jurusan lainnya yang berdiri lebih awal. Psikologi UNY juga sudah mendapatkan banyak prestasi-prestasi mahasiswa. Psikologi UNY saat ini sudah terakreditasi B Oleh BAN-PT, dan akan segera melangkah jauh untuk mendapatkan akreditasi A. Saat ini Psikologi UNY sudah meluluskan 1 angkatan. Serta harapan dari psikologi UNY adalah mendirikan fakulas sendiri.

Baca Juga: Jurusan Psi Terbaik

6. UMBY (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)

Jurusan Psikologi

Jurusan terfavorit no 6 yaitu UMBY berbeda dengan UNY, UMBY sudah memiliki Fakultas. Visi daripada Fakultas Psikologi UMBY yaitu pada tahun 2029 menjadi lembaga pendidikan psikologi yang unggul dan bermutu dalam bidang pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Misi daripada Fakultas psikologi UMBY yaitu menyelenggarakan pendidikan bermutu untukmenghasilkan lulusan yang unggul dalam bidang psikologi.

UMBY memiliki 3 kampus terpencar di Yogyakarta. Karena itulah dosen dan tenaga ahli sangat dibutuhkan di jurusan ini. Ada 58 Dosen dan Tenaga Ahli yang sudah berada dalam Fakultas ini. Ada 3 program yang ditawarkan diantaranya adalah S1 Psikologi, S2 Profesi Psikologi, dan S2 Psikologi Sains. pengen tau selebihnya seperti apa? buruan kepoin web nya disini.

Baca Juga: Jurusn Psi terbaik

7. USD (Universitas Sanata Dharma)

Jurusan Psikologi

Jurusan terfavorit no 7 yaitu kampus USD atau biasa yang dikenal dengan Universitas Sanata Dharma yang kerap disebut Sadhar. Fakultas psikologi sadhar berdiri sejak tahun 1996. Terbentuknya Fakultas ini didasari oleh inisiatif dari tim kecil dari jurusan Bimbingan dan Konseling. Universitas Sanata Dharma juga memiliki mahasiswa-mahasiswa yang unik. Terlebih mahasiswa Psikologinya.

Fakultas psikologi sanata dharma memiliki fasilitas laboratorium yang digunakan untuk keperluan pendidikan, khususnya pengajaran mata kuliah praktikum, penelitian, eksperimen, dan lain-lain. Ada 3 laboratorium yang ada, diantaranya adalah laboratorium psikotes, laboratorium konseling, dan laboratorium eksperimen. Selain failitas fisik, ada fasilitas beasiswa bagi mahasiswa yang expert dalam bidang akademik. Beasiswa tersebut didonaturi oleh Djarum.

Baca Juga: Jurusan Psi terbaik

8. UMM (Universitas Muhammadiyah Malang)

Jurusan Psikologi

Jurusan terfavorit no 8 yaitu Psikologi UMM. Belajar di psikologi UMM tentu banyak nilai plusnya. Kurikulum yang berlaku tidak hanya didesain agar mahasiswa paham akan teori tetapi juga paham bagaimana mereka mengaplikasikan di kehidupan masyarakat sehari-hari. Sama halnya dengan sanata dharma, berbagai macam lab menjadi fasilitas umum bagi mahasiswanya. Diantaranya adalah Lab Wawancara dan Observasi, serta Lab Riset. Psikologi UMM juga memiliki Biro Konseling, Pusat layanan Psikologi, dan Pusat konseling.

Nilai tambah bila belajar Ilmu psikologi di UMM adalah, Nilai keagamaan. Nilai dan wawasan agama akan ditanamkan melalui mata kuliah-mata kuliah yang berorientasi pada aqidah, ahlaq dan juga mata kuliah yang memadukan konsep agama dengan konsep psikologi itu sendiri.

Baca Juga: jurusan Psi Terbaik

9. Universitas Gunadarma

Jurusan Psikologi

Jurusan terfavorit no 9 yaitu Psikologi Universitas Gunadarma memiliki visi kurang lebih yakni: Pada tahun 2022 menjadi Program Studi Sarjana Psikologi bereputasi internasional dengan keunggulan memadukan ilmu dan terapan psikologi berbasis teknologi informasi dalam kegiatan tridharma perguruan tinggi yang holistik dan integratif guna meningkatkan daya saing bangsa. Dan Visi tersebut mestinya diwujudkan dengan sebuah Misi:

  • Menyelenggarakan program pendidikan dan pelatihan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan daya saing tinggi dalam penerapan psikologi berbasis teknologi informasi di berbagai aspek kehidupan sesuai dengan perkembangan jaman dan tuntutan global.
  • Menciptakan suasana akademik yang kondusif dan mendukung kegiatan penelitian yang bertaraf internasional, interdisipliner, dan bermanfaat bagi kesejahteraan manusia.
  • Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud tanggungjawab sosial institusi (university social responsibility);
  • Menyelenggarakan dan mengembangkan jejaring kerjasama dengan berbagai institusi, baik di dalam maupun di luar negeri sebagai usaha untuk meningkatkan kapasitas institusi dan mencapai reputasi internasional.

Psikologi Universitas Gunadarma memiliki 3 lab besar, diantaranya yakni Lab Dasar, Lab Menengah, dan Lab Lanjut. Fokus dari Psikologi Universitas Gunadarma kurang lebih ada 6, diantarannya yaitu: Psi Anak, Psi keluarga, Psi Pendidikan, Psi Timur, Psi Umum, dan Psi Industri & Organisasi.

Baca Juga: Jurusan Psi terbaik

10. UII (Universitas Islam Indonesia)

Jurusan Psikologi

Jurusan terfavorit no 10 adalah Psikologi UII. Psikologi UII memiliki 3 program sarjana, yaitu S1, S2, dan S3. Pada program S1 diharapkan mahasiswanya memiliki capaian dalam menunjukkan jiwa nasionalisme, menghargai perbedaan, dan berjiwa empatik. Pada S2 diharapkan mahasiswa dapat mencapai hal dengan menunjukkan akhlak mulia dan mampu menerapkan kode etik dalam melakukan aktivitas akademik maupun praktik keahlian psikologi. Dan pada program S3 nya diharapkan mahasiswa telah menunjukkan sikap kepemimpinan profetik dalam bentuk kejujuran, kehandalan, kemandirian, kewirausahaan, serta kemampuan menganalisis masalah secara bertanggungjawab atas dirinya serta tim, dan mampu mengambil keputusan secara tepat.

Psikologi UII memiliki beberapa laboratorium seperti Lab Individual, Lab Klasikal, Lab Psikoterapi, Lab Eksperimen, Lab Observasi & Wawancara, Lab Anak, serta Lab Komputer. Psikologi UII juga sudah mendapatkan Akreditasi A oleh BAN-PT.

Baca Juga: Jurusan Psi Terbaik

11. Jurusan psikologi UIN-SUKA (Universitas Sunan Kali Jaga)


Jurusan Psikologi terfavorit No 11 yaitu UIN. Universitas Sunan Kali Jaga memiliki Jurusan Psikologi yang terletak pada Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora. Visi dari Jurusan ini adalah menjadikan mahasiswa unggul dalam pengembangan dan pemaduan studi islam secara psikologis. Jurusan psikologi yang terkenal dengan studi islamnya menjadi salah satu jurusan terfavorit di Indonesia.

Tokoh yang sempat viral ada disini lho, Namanya Afi Nihaya. Yang pernah bilang bahwa agama islam adalah agama warisan. Kalian fans dia? Masuk sini aja 😀

Baca Juga: Jurusan Psi terbaik

12. Jurusan psikologi UP YAI (Universitas Persada YAI)

Jurusan Psikologi terfavorit no 12 adalah YAI. Universitas YAI merupakan salah satu kampus dengan jurusan psikologi berpredikat A. Pengajarnya juga sangat berkualitas, hal ini di dukung juga oleh dekan yang sekaligus menjadi tokoh psikologi di indonesia yaitu Bapak Sarlito Wirawan Sarwono.

13. Jurusan psikologi UNDIP (Universitas Diponegoro)

Jurusan Psikologi terfavorit no 13 adalah Psikologi UNDIP. UNDIP berdiri pada tahun 1980. Psikologi UNDIP bukan hanya sebuah jurusan, melainkan sudah menjadi fakultas sejak 1991. Fokus dari psikologi UNDIP adalah Psi Eksperimen, Psi Perkembangan, Psi Pendidikan, Psi Sosial, Psi Klinis, dan Psi Industri & Organisasi. Fasilitas sarana dan prasarana sudah sangat lengkap di Fakultas ini. Psikologi UNDIP memiliki beberapa Laboratorium. Diantaranya adalah Lab Komputer, Lab Psikodiagnostik, Lab Wawancara, Lab Observasi, dan Lab Eksperimen.

Baca Juga: Jurusan Psi Terbaik

14. Jurusan psikologi Universitas Atmajaya

Jurusan Psikologi

Jurusan Psikologi terfavorit no 14 Universitas Atmajaya. Universitas Atmajaya terkenal dengan Universitas Katolik (Unika). Fakultas ini diresmikan pada tahun 2012. Fakultas ini mendapat akreditasi A oleh BAN-PT untuk program S1 . Tahun 2005 mulai berkembang dengan didirikannya Program Studi Magister Profesi Psikologi dengan dua penjurusan, yakni Psikologi Industri & Organisasi dan Psikologi Klinis. Pada tahun 2010, program studi ditambah dengan jurusan Psikologi Pendidikan Anak dan Remaja. Seiring berjalannya waktu Pada usia ke-20, Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya kembali mengembangkan kegiatan pendidikannya dengan mendirikan Program Studi Magister Sains Psikologi.

Baca Juga: Jurusan Psi terbaik

Penutup

Itulah 14 Jurusan Psikologi terfavorit yang saya tahu. Oh iya, Nomer itu bukan berarti ranking. Ya saya menyusun hanya sesuka saya aja. Semangat mencari jurusan psikologi Favoritmu!

Satu pemikiran pada “14 Jurusan Psikologi Terfavorit Di Indonesia”

Tinggalkan komentar

iandan sax mobiporno.info xxxy movies xnxx doremon porndu.net xnxx in youtube sliping xnxx liebelib.net aunty hot boobs pic nangi choot freeindianporn.info rape sex video indian sonakshi hd sexy photo desixxxtube.info punjabi sex video clip mms xxnx onlyindianpornx.info pankhida song download sexy boudi com onlyindian.org husband and wife porn film video sex kings-porno.com sexy video bf www.ixxx..com rajwap2.me chuda chudi chuda chudi xnxx.com indian videos hindiporn2.com marathi xxx xxxx hindi hd video xxxindianporn.org xvideos schoolgirl indiansexvideos onlyindianpornx.com sexy hot video picture www.jkgad goindian.net xxxxx hd hindi sex wap95 dirtyindianporn.info indian telugu sex videos xnxx old lady indiansexmms.me bf film video com